Sunday, 26 October 2014
You are here: HomeSehatJaga Miss V dengan Daun Sirih

Jaga Miss V dengan Daun Sirih

Daun sirih memiliki manfaat penting bagi para wanita. Khususnya untuk organ intim yang membutuhkan perhatian ekstra.

 

Piper betle L atau sirih memiliki kandungan minyak atsiri (kadinen, kavikol, sineol, euganol, karvakol) dan zat samak. Dari kandungan ini, sirih dapat mengobati bisul, hidung berdarah, radang selaput lendir mata, trachoma, mulut berbau, gigi goyah, gusi bengkak, radang tenggorokan dan berbagai manfaat lainnya. Termasuk untuk mengobati keputihan.    

 

Bagi kaum wanita, daerah kewanitaan merupakan salah satu organ tubuh yang paling sensitif. Meski pada dasarnya organ kewanitaan ini memiliki kemampuan membersihkan sendiri, namun tak ada salahnya jika kita membersihkan secara berkala untuk mencegah kotoran, bakteri dan kuman, betah berlama-lama tinggal di daerah kewanitaan ini.

 

Daun sirih yang direbus kemudian airnya digunakan untuk membasuh organ intim dapat membantu kaum wanita dari keputihan. Ramuan ini telah lama digunakan oleh para wanita untuk menjaga kebersihan daerah intim tersebut.

 

Bersihkan dengan Benar

Kebersihan organ intim memang harus dijaga. Beberapa mungkin sudah mengerti dan membersihkan organ intim dengan cara yang benar.

 

Jika diperhatikan lebih lanjut, masalah sederhana yang seringkali dijumpai adalah keputihan. Penyakit ini dapat disebabkan oleh bakteri, virus, jamur atau juga parasit. Gejala yang ditimbulkan diantaranya adalah rasa gatal di dalam organ intim dan di sekitar bibir vagina di bagian luar.

 

Menjaganya untuk tetap terhindar dari bakteri, virus, jamur dan parasit yang bisa menyebabkan infeksi ini adalah dengan menjaga kebersihan organ intim. Namun tidak hanya sekedar membersihkan saja tanpa memperhatikan penyebab lain yang dapat terjadi jika menggunakan sembarang sabun.

 

Menggunakan sabun atau pembersih dengan antiseptik memang dapat membunuh kuman. Namun sebaiknya Anda memilih produk pembersih daerah kewanitaan yang memiliki pH kurang lebih sama dengan pH organ intim wanita yaitu 4,5. Pada pH tersebut, kuman tidak dapat tumbuh dan berkembang biak.

 

Atau jika Anda ingin menggunakan pembersih alami, seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda dapat menggunakan ramuan daun sirih untuk membasuh organ kewanitaan.

Saat ini, sudah ada beberapa produk yang menjual cairan pembersih dari daun sirih. Tentu cara ini dapat digunakan dengan lebih praktis karena Anda tidak perlu mengolahnya sendiri. Terutama bagi yang tinggal di daerah perkotaan, mungkin mencari daun sirih segar akan sangat sulit.

 

Lakukan secara berkala, tidak perlu setiap hari membasuh menggunakan cairan ini agar keseimbangan pH pada organ intim juga tetap terjaga. Biar bagaimanapun organ intim wanita juga memiliki sistem yang dapat membersihkan sendiri.

 

Selain untuk mencegah dan mengobati keputihan, ramuan daun sirih ini juga dapat membuat organ kewanitaan tidak berbau atau harum. Bagi wanita yang sudah berpasangan, tentu hal ini juga menjadi salah satu perhatian khusus.

 

Jadi, mengapa tidak Anda lestarikan menggunakan daun sirih untuk menjaga kesehatan organ intim.


foto: istimewa

WI Digital

Media Partner

Media Sosial WI